Senin, 15 Oktober 2012

PERKEMBANGAN PADA MASA REMAJA

PERKEMBANGAN PADA MASA REMAJA

Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu hal yang berkaitan dengan psikologi, yaitu mengenai perkembangan remaja. Remaja adalah tahap dimana seorang manusia sedang mencari identitas diri. Pada tahap remaja biasanya seseorang memiliki pikiran yang ego sentris yang beranggapan bahwa dirinya benar. Ledakan perkembangan remaja dalam diary anne frank, dia membuat penisbahan yang menyedihkan terhadap perkembangan fisiknya. Sepatu yang tak dapat digunakan dan rompi yang begitu kecil. Dan anne frank berada dalam ledakan perkembangan masa remaja yaitu peningkatan tajam pada tinggi dan berada yang berlanjut, kepada kematangan seksual. Ledakan perkembangan masa remaja atau yang disebut (adolescent growth spurt) terjadi pada usia 91/2 tahun dan 14 tahun (biasanya dimulai pada usia 10 tahun) pada anak perempuan. Dan untuk anak laki - laki biasanya dimulai pada usia 12 tahun. Ledakan perkembangan masa remaja biasanya berlangsung sekitar 2 tahun. Dan setelah masa tersebut berakhir maka anak tersebut mencapai kematangan seksual. Ada pun karakteristik yg dimiliki pada masa remaja yg terus berkembang, yaitu karakteristik seks primer dan karakteristik seks sekunder.
Karakteristik seks primer adalah : organ yang berkaitan langsung dengan reproduksi, yang membesar dan matang sepanjang masa remaja.
Karakteristik seks sekunder : sinyal fisiologis kematangan seksual.
Dan pada masa remaja memiliki rasa terhadap citra tubuh. Apa itu  citra tubuh?..., citra tubuh adalah keyakinan deskriptif dan evaluatif tentang penampilan seseorang. Kepedulian terhadap citra tubuh hal tersebut dapat mengarah upaya obsesif mengontrol berat badan. Pola ini menjadi lebih umum diantara anak perempuan ketimbang anak laki - laki dan jarang terkait dengan masalah berat badan yang sebenarnya. Karena peningkatan lemak tubuh normal anak perempuan sepanjang masa pubertas terutama mereka yang mengalami perkembangan pubertal lebih awal banyak diantara mereka yang menjadi tidak senang dengan penampilan mereka, merefleksikan penekanan kultural terhadap atribusi fisik wanita. Dan citra tubuh negatif ini dapat mengarah kepada masalah gangguan makan. Gangguan makan yang mengandung pola abnormal adalah anorexi nervosa & bulimia nervosa.
1.    anorexia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan melaparkan diri.
2.    bulimia nervosa adalah gangguan makan dimana seseorang secara reguler mengkonsumsi makan dalam jumlah besar kemudian membersihkan tubuhnya dengan obat pencahar, memuntahkannya dengan sengaja, berpuasa, dan melakukan latihan fisik berlebihan.
Ada pun masalah dikalangan remaja saat ini yang masih masalah utama dalam dunia, ysitu penggunaan obat terlarang dan penyalahgunaan obat terlarang.
Penggunaan obat terlarang dikalangan remaja sudah bukan berita biasa lagi. Bahkan sekarang para remaja sudah terang - terangan menggunakan obat terlarang itu dalam masyarakat. Dan faktor yang menyebabkan penggunaan obat terlarang itu sendiri adalah
A.    buruknya kontrol impuls dan kecenderungan mencari sensasi.
B.    pengaruh dari faktor keluarga seperti penerimaan terhadap obat terlarang oleh orang tua dan buruknya pola asuh dari orang tua.
C.    tempramen tinggi.
D.    masalah perilaku berkesinambungan,khusunya agresi
E.    kegagalan akademis dan kurangnya komitmen terhadap pendidikan.
F.    berteman dengan pengguna
G.    aliensi dan mempunyai sifat pemberontak.
H.    inisiasi penggunaan obat terlarang di usia dini.
Dan itulah penjelasan mengenai masa - masa perkembangan di saat remaja. Yang mungkin bisa anda baca dan pelajari.
Sekian tulisan saya, mengenai perkembangan disaat remaja.semoga bermanfaat buat anda
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar